ANALISIS ISI PESAN DAKWAH MELALUI MEDIA CETAK (KAJIAN TERHADAP TEMA RUBRIK TAFAKKUR HARIAN SERAMBI INDONESIA)

Saidaturrahmah Saidaturrahmah

Abstract


Dakwah melalui tulisan atau bilqalam adalah salah satu jenis dakwah yang cukup efektif dilakukan saat ini. Jangkauan yang dapat dicapai oleh dakwah bilqalam ini lebih luas dari pada melalui lisan, dan tidak membutuhkan waktu secara khusus. Kapan saja dan dimana saja mad’u atau objek dakwah dapat menikmati sajian dakwah bilqalam.  Oleh sebab itu, media cetak diyakini dapat secara efektif menjadi salah satu sarana menyampaikan artikel yang bernuansa dakwah kepada masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rubrik tafakkur Harian Serambi Indonesia lebih dominan membahas masalah-masalah ekonomi rakyat yang diilhami oleh nilai-nilai Islam yang diangkat sesuai dengan isu yang sedang berkembang. Kebijakan lay out rubric tafakkur harian Serambi Indonesia sama seperti rubric pada koran-koran biasa dalam hal penggunaan font yaitu times new roman. Pemilihan warna back ground relevan dengan makna pesan yang disampaikan yaitu berwarna hijau yang dalam Islam dikenal sebagai lambang surga.

 


Full Text:

PDF

References


Abuddin Nata, Akhlak Tasawuf, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014

Anwar Arifin, Dakwah Kontenpore rSebuah Studi Komunikasi, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.

ArifinZain, Fakri, dkk, Dinamika Dakwah, Banda Aceh: Fakultas Dakwah dan Komunikasi, 2011.

Arina Muflikhatul Amanah, “Pesan-Pesan Dakwah Di Rubrik Syabab Majalah Cahaya Nabawiy Edisi Januari-Desember Tahun 2015”, Skripsi, Purwokerto: Jurusan KPI, Fak Dakwah IAIN Purwokerto, 2016

Bungin, Burhan H.M, Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmusosial, Jakarta: KencanaPrenama Media Group, 2007.

Denis McQuail, Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6, Jakarta: Salemba Humanikas, 2011.

Denis McQuail, Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar, Jakarta: Erlangga, 1991.

Djamalul Abidin Ass, Komunikasi dan Bahasa Dakwah, Jakarta: Gema Insani Press, 1996.

Erik Barnouw, dkk (ed.), International Encyclopedia of Communications Vol.3.New York: Oxford University Press, 1989.

Farthul Bahri An-Nabiry, Meniti Jalan Dakwah Bekal Perjuangan Pada Da’I Jakarta: Amzah.

HafiedCangara, PengantarIlmuKomunikasi, edisirevisi, Jakarta: PT Raja GrafindoPersada, 1998.

Harjani Hefbni, Metode Dakwah, Jakarta: Prenada Media, 2003.

Hasbi, “Pesan Dakwah Melalui Media Massa (AnalisisIsi Rubrik Serambi Mihrab pada Harian Serambi Indonesia Edisi Februari 2016)”, Skripsi, BandaAceh: Jurusan KPI, FakDakwah & Komunikasi, UIN Ar-Raniry, 2017

Ilyas ismail, Filsafat Dakwah, Jakarta: kencana, 2011.

Iman Jalaluddin Al-Mahli, Terjemahan Tafsir Jalalaian Berikut Asbabun Nuzul Jilid. 2, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2006.

Irawan Soeharto, Metode Penelitian Sosial, Bandung: PT. Remaja Poesdakarya, 2004.

Jakfar Puteh-Saifullah, DakwahTekstual & Kontekstual, Yogyakarta: AKGroup, 2006

Lexi J. Moleong, Metode Penelitian kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

MohAli Aziz, Ilmu dakwah,J akarta: Prenada Media,2004.

Moleong, Lexy J, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: RemajaRosdakarya, 2011.

Muhammad Munir&WahyuIlahi, Manajemen Dakwah, Jakarta: Prenada Media, 2006

Muhammad AlwiAl-Maliki, Syariat Islam Pergumulan Teksdan Realitas Jogyakarta: ELSQ Press, 2003.

Najamuddin, Metode Dakwah, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008.

NurulZuriah, Metode Penelitian Sosial dan Pendidikan, Jakarta: PT. BumiAksara. 2006.

Onong Uchana Effendy, Dinamika Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1993.

Onong Effendy Uchjana. IlmuKomunikas iTeori dan Praktek. Bandung: Rosdakarya, 1989.

Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Bahasa, 2002.

Riduan, Skala Penggukuran Variable Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2005.

Samsul Munir Amin, Rekontruksi Pemikiran Dakwah Islam, Jakarta: Amzah, 2008

Septiawan SentanaK, Jurnalisme Kontemporer, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2005.

Sutopo, Penganta rPenelitian Kualitatif, Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press, 2002.

Sumbo Tinarbuko, Semiotika Komunikasi Visual, Yogyakarta: Jalasutra, 2013.

Teungku Muhammad Hasbiahs-Shiddieqy, Tafsir Al-Qur’anul MajidAn-Nur, Jakarta: Cakrawala Publishing, 2011.

Totok Djuroto, Manajemen Penerbitan Pers, Bandung: Rosdakarya, 2004

Wahyuilahi, Komunikasi Dakwah, Bandung: Rosdakarya, 2010


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SHIBGHAH: Journal of Muslim Societies

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index:

   

  

SHIBGHAH: Journal of Muslim Societies
Published by STAI Al-Washliyah Banda Aceh, Indonesia
Jln. Al-Washliyah No. 01 Lam Ara -Rukoh Kec. Syiah Kuala-Banda Aceh, 23111.
Website: https://stai-alwashliyahbna.ac.id/
Email: journal.shibghah@gmail.com