PENDIDIKAN PENGALAMAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Muhammad Hasbi Ashiddiqie

Abstract


Sistem pendidikan ini mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan zaman, sehingga hasil dari pendidikan sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zaman.  Pendidikan berbasis pengalaman adalah proses pendidikan yang dilaksanakan secara aktif dengan pola hubungan yang dialogis, dimana posisi guru sebagai fasilitator dapat membangkitkan segala potensi yang dimiliki oleh peserta didik dengan merancang berbagai pengalaman yang dapat menstimulasi mereka untuk berfikir dan berbuat. Sehingga ketika pendidikan berbasis pengalaman diterapkan kedalam pendidikan Islam dapat menciptakan pengalaman yang mendewasakan peserta didik di atas kerja integrasi ilmu pengetahuan dengan nilai-nilai keislaman, agar proses pendidikan dan pengajaran di sekolah nantinya tidak terlepas dari fungsi dan tujuan pendidikan itu sendiri

Full Text:

PDF

References


Abdullah Nasih Ulwan, Pendidikan Anak menurut Islam Kaidah-Kaidah Dasar, Bandung: Remaja Rosyadakarya, 1992.

Abdurrahman An-Nahlawi, Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam, Bandung: Diponegoro, 1992.

Ahmad Ali Budaiwi, Imbalan dan Hukuman Pengaruhnya bagi Pendidikan Anak, Jakarta: Gema Insani, 2002.

Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Al-Ma’arif, 1989.

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosda karya, 2004.

Armae Arief, Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Cet.1, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Ary H. Gunawan, Sosiologi Pendidikan (Suatu Analisis Tentang Pelbagai Problem pendidikan), Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Conny Semiawan, Perspektif Pendidikan Anak Berbakat, Jakarta: Grasindo, 1997.

Dewa Ketut Sukardi, Psikologi Populer Bimbingan Perkembangan Jiwa Anak, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1987.

Djohar, M. S, Pendidikan Strategik: Alternatif Untuk Pendidikan Masa Depan, Yogyakarta: Lesfi, 2003.

Djumhur, dkk, Sejarah Pendidikan, Jakarta: VC Ilmu, 1989.

Hasan Langgulung, Peralihan Paradigma Dalam Pendidikan Islam dan Sains Sosial, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2002

H.M. Arifin, Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama, Jakarta: Bulan Bintang,1976.

Heri Jauhari Mukhtar, Fikih Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.

Hidajat Nataatmadja, Krisis Global Ilmu Pengetahuan Dan Penyembuhannya, Cet. 1, Bandung: Iqra, 1982.

Ibnu Hajar Al-Atsqalani, Fathul Baari, Syarah Shahih Bukhari, Beirut, Libanon: Darul Fikri, 1993, Juz. Muqaddimah,

Isbandi Rukminti Adi, Psikologi, Pekerjaan Sosial Dan Kesejahteraan Sosial, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1994.

J.Sudarminta, Epistemologi Dasar, Pengantar Filsafat Pengetahuan, Yogyakarta: Kanisius, 2003.

John Dewey, Experience And Education, Pendidikan Berbasis Pengalaman, terj. Haniah, Jakarta: Teraju, 2004.

Kamal al-Haydari, Manajemen Ruh, Cet.1, Bogor: Cahaya, Penerjemah TPB2I al-Ikhwan, 2004.

Mahmud Yunus, Tarbiyah Watta’lim, Gontor Ponogoro: Trimurti, 1999.

Muntholi’ah, Konsep Diri Positif Penunjang Prestasi PAI, Cet. 1, Semarang: Gunung Jati, , 2002.

Muzayyin Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, Edisi Revisi, 2003

Nur’aeni, Intervensi Dini Bagi Anak Bermasalah, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Phil. Astrid S. Susanto, Pengantar Sosiologi Dan Perubahan Sosial, Jakarta: Bina Cipta, 1983.

Rama Yulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2002.

S. C. Utami Munandar, Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Sekolah, Jakarta: Gramedia, 1985.

Soegarda Poerbakawatja, et. al. Ensiklopedi Pendidikan, Jakarta: Gunung Agung, 1981.

Soekarto Indrafachrudi, Pengantar Kepemimpinan Sekolah, Surabaya: Usaha Nasional, 1983.

Sudarwan Danim, Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Zahara Idris, Dasar-dasar Kependidikan, Padang: Penerbit Angkasa Raya, 1987.

Zakiah Daradjat, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2004.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter