REVITALISASI PENDIDIKAN UNTUK MELAHIRKAN GENERASI BERKARAKTER

Mahyudin Munthe

Abstract


Pendidikan di Indonesia saat ini atau sistem pendidikan di Indonesia secara umum masih dititik beratkan pada kecerdasan kognitif. Hal ini dapat dilihat dari orientasi sekolah-sekolah yang ada masih disibukkan dengan ujian, mulai dari ujian mid, ujian akhir hingga ujian nasional. Ditambah latihan-latihan soal harian dan pekerjaan rumah untuk memecahkan pertanyaan di buku pelajaran yang biasanya tak relevan dengan kehidupan sehari-hari para pelajar/mahasiswa. Dari hal tersebut jelaslah bahwa pendidikan di Indoneia cenderung lebih mengedepankan penguasaan aspek keilmuan dan  kecerdasan, namun mengabaikan pendidikan karakter. Pengetahuan tentang kaidah moral yang didapatkan dalam pendidikan moral atau etika di sekolah-sekolah saat ini semakin ditinggalkan. Sebagian orang mulai tidak memperhatikan lagi bahwa pendidikan tersebut berdampak pada perilaku seseorang. Padahal pendidikan diharapkan mampu menghadirkan generasi yang berkarakter kuat, karena manusia sesungguhnya dapat dididik dan harus sejak dini. Meski manusia memiliki karakter bawaan, tidak berarti karakter itu tak dapat diubah. Perubahan karakter mengandaikan suatu perjuangan yang berat, suatu latihan yang terus-menerus untuk menghidupi nilai-nilai yang baik dan tidak terlepas dari faktor lingkungan sekitar. Era keterbukaan informasi akibat globalisasi mempunyai faktor-faktor negatif antara lain mulai lunturnya nilai-nilai kebangsaan   yang dianggap sempit seperti patriotisme dan nasionalisme yang dianggap tidak cocok dengan nilai-nilai globalisasi dan universalisasi.


Full Text:

PDF

References


Freire, Paulo, Pendidikan Kaum Tertindas, (Jakarta:LP3ES, 2000), cet. V.

Khaled, Amr, Buku Pintar Akhlak Memandu Anda Berkepribadian Muslim dengan Lebih Asyik, Lebih Otenntik, (Jakarta:Zaman, 2012), cet. IV.

Koesoema A., Doni, Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, (Jakarta:Grasindo, 2007), cet. I.

Lari, Sayid Mujtaba Musawi, Etika & Pertumbuhan Spiritual, (Jakarta:Lentera Basritama, 1418 H./1997 M.),

Mahmud, Ali Abdul Halim, Akhlak Mulia, (terj.) Abdul Hayyie al-Kattani, dari judul asli al-Tarbiyah al-Khulqiyah, 1415 H./1995), cet. I.

Mastuhu, Memberdayaan Sistem Pendidikan Islam, (Jakarta:Logos Wacana Ilmu, 1999), cet. II.

Mulyasa, H.E., Manajemen Pendidikan Karakter, (Jakarta:Bumi Aksara, 2012), cet. I.

Nata, Abuddin, Studi Islam Komprehensif, (Jakarta:Prenada Media Group, 2012), cet. I.

Rahardjo, M. Dawam, Insan Kamil Konsepsi Manusia Menurut Islam, (Jakarta:Pustaka Grafitipers, 1987), cet. II.

Rubiyanto, Nanik, dan Dany Haryanto, Strategi Pembelajaran Holistik di Sekolah, (Jakarta:Prestasi Pustaka Publisher, 2010), cet. I.

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, (Jakarta:Prenada Media Group, 2011), cet. I.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter